Home » , » ROCK IN SOLO Kingdom Metal Fest 2012 : Gelaran Keenam Pesta Metal Terbesar Di Jawa Tengah

ROCK IN SOLO Kingdom Metal Fest 2012 : Gelaran Keenam Pesta Metal Terbesar Di Jawa Tengah

ROCK IN SOLO : Kingdom Metal Fest 2012 siap dihelat pada Sabtu, 13 Oktober 2012. Festival metal terbesar di kawasan Jawa Tengah ini akan menampilkan puluhan band rock/metal dalam dan luar negeri dengan pemuncak acaranya adalah raksasa death metal asal Buffalo, New York, Cannibal Corpse.

Cannibal Corpse
Gelaran ROCK IN SOLO kali ini akan dimulai pada pukul 11:00 WIB bertempat di Alun – Alun Utara Solo dengan menggunakan tiga buah panggung yang terdiri dari 1 panggung utama (Stage A) dan 2 panggung pratama (Stage B & C).
Puluhan band rock/metal yang meliputi band internasional, band dalam negeri sampai band lokal akan bergantian tempil di atas ketiga panggung tersebut. Band yang sudah dipastikan akan tampil dalam ROCK IN SOLO 2012 adalah :  

CANNIBAL CORPSE (USA)
BELLIGERENT INTENT (Australia)
NAFRAT (Singapore)
JASAD (Bandung)
JERUJI (Bandung)
DEAD VERTICAL (Jakarta)
BANDOSO (Solo)
PARAU (Bali)
AFTERCOMA (Bandung)
SPIRIT OF LIFE (Solo)
REVENGE (Jakarta)
SPEEDKILL (Jakarta)
DREAMER (Jakarta)
KILLHARMONIC (Kediri)
DEVADATA (Surabaya)
MAKAM (Solo)
ANORMA (Malang)
NOTHING SPECIAL (Solo)
NEVER AGAIN (Solo)
METALLIC ASS (Yogyakarta)
TENDANGAN BADUT (Solo)
SOULSAVER (Purwokerto)
WEREWOLF (Solo)
HYDROSHEPHALUS (Solo)
UNREMAINS (Makasar)
TIYANK NDUSUN (Semarang)
TRAH GALI SOULJA (Solo)

Cannibal Corpse yang saat ini tengah berada di kawasan Asia dan Australia dalam rangkaian tur dunianya, memasukkan Solo sebagai salah satu kota yang disinggahinya. "Ini merupakan kedatangan pertama Cannibal Corpse di Indonesia. Kami bisa mendatangkan mereka karena mereka tengah tur Asia." ungkap ketua penyelenggara Rock In Solo, Stephanus Adjie dalam jumpa pers di Best Western Hotel Solo, Kamis 11 Oktober 2012. 

ROCK IN SOLO 2012 juga akan menampilkan 10 band lokal hasil voting yang berasal dari berbagai daerah. Pihak penyelenggara memang membuka kesempatan bagi band – band dari berbagai daerah yang ingin tampil di ROCK IN SOLO dengan cara mengirimkan demo rekaman lagu kepada pihak penyelenggara. Band – band ini kemudian harus melalui seleksi awal yang dilakukan oleh panitia penyelenggara dan kemudian dipilih dengan cara voting oleh publik di website ROCK IN SOLO. Berikut adalah band – band yang berhasil terpilih untuk tampil :

SUNDAY SAD STORY (Semarang), DEVORMITY (Bandung), STARTING OVER (Jogja), PROBLEM OVERSTAY (Solo), UNDERGREED (Solo), SALAHUDIN AL-AYUBI (Solo), FEARLESS (Solo), BHROBOSAN (Solo), HANDS OF MIDAS (Jogja), INCARNATION (Jogja).

ROCK IN SOLO pertama kali dihelat pada tahun 2004. Pada tahun – tahun awal penyelenggaraannya, para pengisi acara yang tampil masih berkutat pada band – band lokal baik yang berasal dari Solo maupun dari kota – kota lain. Rock In Solo tercatat pernah menampilkan band – band seperti Burger Kill, Seringai, Tengkorak dan Death Vomit, selain tentu saja band – band Solo seperti Makam, Spirit of Life dan Down For Life.

Pada penyelanggaraannya yang ketiga tahun 2009 Rock In Solo mulai menampilkan band manca negara. Psycroptic, band death metal asal Australia didaulat menjadi band manca negara pertama yang bermain di gelaran Rock In Solo yang ketika itu diselenggarakan di GOR Manahan. Setelah itu pada gelaran keempat tahun 2010, giliran Dying Fetus,  trio death metal asal Maryland, Amerika Serikat, diboyong ke Solo dan sukses bermain di hadapan ribuan metalheads yang memadati stadion Sriwedari.

Memasuki penyelenggaraannya yang kelima tahun 2011 Rock In Solo menampilkan enam band manca negara dengan menampilkan headliner Death Angel, salah satu band thrash metal yang besar dalam scene Bay Area Thrash Metal San Francisco, Amerika Serikat. Rock In Solo 2011 juga menampilkan Kataklysm, jagoan death metal asal Montreal, Canada. Empat band lain yang juga tampil adalah Deranged asal Swedia, Oathean dan Ishtar dari Korea Selatan, dan Enforce dari Australia.

Dalam gelarannya yang keenam tahun ini, tema Kingdom Metal Fest dipilih sebagai kesinambungan dengan gelaran tahun 2011 lalu yang mengusung tema Heritage Metal Fest. “Kami mencoba mengangkat kebudayaan lokal Solo ke ranah populer melalui keberadaan dua kraton yang ada di kota Solo yaitu Kasunanan dan Mangkunegaran. Rock In Solo yang sudah dianggap metal fest terbesar di tanah Jawa  dan salah satu yang terbesar di Indonesia, bisa dianggap sebagai sebuah hajatan besar dari sebuah kerajaan musik metal yang selalu ditunggu tiap pelaksanaannya.” Demikian pernyataan The ThinK Organizer sebagai penyelenggara dalam press releasenya.

Selain konser musik cadas sebagai suguhan utama, beberapa stand games, klinik musik, rockshop, distro dan clothing dari berbagai kota di Indonesia juga akan ikut memeriahkan ROCK IN SOLO 2012. Sajian multimedia dari VJ Hellucination juga akan ikut memeriahkan acara sebagai pendukung acara yang multidimensional. Berbagai stand foodcourt hingga tempat ibadah telah disiapkan di dalam venue untuk memenuhi kebutuhan para penonton. Untuk gelaran tahun ini pihak penyelenggara mematok harga tiket on the spot sebesar IDR 200.000. (azraeldana/RockenBlast) 

ShareThis